Trans Metro Pekanbaru - Harapan untuk Wujudkan Impian Jalanan Tanpa Kemacetan

Trans Metro Pekanbaru - Harapan untuk Wujudkan Impian Jalanan Tanpa Kemacetan TMP - Harapan untuk Wujudkan Impian Jalanan Tanpa Kemaceta...

Trans Metro Pekanbaru - Harapan untuk Wujudkan Impian Jalanan Tanpa Kemacetan
Trans Metro Pekanbaru - Harapan untuk Wujudkan Impian Jalanan Tanpa Kemacetan

TMP - Harapan untuk Wujudkan Impian Jalanan Tanpa Kemacetan

Trans Metro Pekanbaru (TMP) diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi tingkat kemacetan di Kota Madani. Kota ini memang menjadi salah satu tujuan urbanisasi. Tidak hanya untuk berjuang mencari rezeki, masyarakat berbondong-bondong pindah untuk melanjutkan studi. Tidak heran jika tingkat mobilitas warga begitu tinggi di kota ini.

Imbasnya adalah ketika pagi kendaraan padat merayap. Sore hari kendaraan seolah jalan ditempat. Kemacetan menjadi hal yang sulit dihindarkan, bahkan jalan tikus pun turut macet karena menjadi alternatif yang ramai diperebutkan.

Alih-alih bisa cepat sampai ke rumah dan beristirahat, warga justru harus menikmati panas, debu dan stres yang cukup bikin penat. Akhirnya, masyarakat Pekanbaru tidak ubahnya seperti tinggal di Jakarta, yang juga merasakan bagaimana ruwetnya lalu lintas di jalan raya.

Sebenarnya, kondisi di atas menjadi salah satu alasan dari Pemerintah Kota Pekanbaru menyediakan sarana Transportasi Umum bernama TMP ini. Pemerintah berharap TMP dapat mewujudkan harapan impian jalanan kota tanpa kemacetan. Tentu tidak hanya impian pemerintah saja, karena sejatinya masyarakat juga menginginkan hal serupa.
TMP atau lebih sering dijuluki Trans Metro oleh warga kota tersebut sudah mulai diresmikan sejak tahun 2009 atau tepatnya pada 18 Juni enam tahun silam. Pemerintah menetapkan ada tujuh trayek yang disediakan di jalur-jalur yang dianggap menjadi pemicu kemacetan.

Saat ini ada banyak armada TMP yang bisa melayani masyarakat Kota Pekanbaru. Jumlah bus yang dikelola PD Pembangunan saja 75 unit. Ditambah pula dengan beroperasinya 9 unit TMP ukuran besar. Belum lagi dengan kedatangan 50 unit bus TMP bantuan Kemenhub RI. Maka jumlah ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi.

Tarifnya pun tergolong murah, berdasarkan aturan tahun 2014, tarif pelajar adalah Rp. 3000,- sedangkan Mahasiswa dan Umum : Rp. 4000. Jika dibandingkan taksi atau ojek, nominal ini tentu sangat terjangkau. Selain murah, masyarakat juga mendapatkan kenyamanan sampai tujuan.

Bus ini juga menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi tingginya polusi. Kapasitas penumpang berjumlah 33 penumpang duduk dan 32 penumpang berdiri, serta beberapa tempat untuk penumpang penyandang cacat yang menggunakan kursi roda. Dilengkapi juga dengan AC yang membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Masyarakat tidak perlu lama-lama menunggu karena setiap 10 menit sekali bus Trans Metro berhenti di halte – halte yang sudah disediakan. Jadwalnya dimulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 22.00. Masyarakat juga tidak harus menunggu lama sampai penumpang penuh, karena bus akan berhenti sebentar saja di halte-halte sesuai trayek.

Saat ini ada tujuh trayek yang dilalui Trans Metro. Tidak hanya dijalan-jalan besar, karena kini trayeknya sudah sampai ke jalan yang tidak terlalu lebar. Berikut ini trayek Trans Metro Pekanbaru yang harus anda tahu.
Trayek 1 : Pelita Pantai – Pandau
Pelita Pantai - Jl. Jend. Sudirman - bandar Udara SSQ II - Jl. Kaharuddin Nasution - Jl. Pasir Putih - Perumnas Pandau
Trayek 2 : Terminal Brps - Kulim PP
Terminal Bandar Raya Payung Sekaki - Jl. T. Tambusai - Jl. Jend. Sudirman (U-Turn RRI) - jl. jend. sudirman - jl. imam munandar - kulim atas
Trayek 3 : Kampus Uin - Pasar Wisata
Kampus UIN - Jl. HR. Subrantas - UNRI - Jl. HR. Subrantas - Jl. SM Amin (U-Turn SPBU) - Jl. SM. Amin - Jl. HR. Subrantas - Jl. Sukarno Hatta - Jl. T. Tambusai - Jl. Jend. Sudirman - Jl. Cut Nyak Dien I - Jl. Jend.A. Yani - Pasar Wisata
Trayek 4 : Terminal Brps – Torganda
Terminal BRPS - Jl. T. Tambusai - Jl. Sukarno Hatta - Jl. Subrantas - Jl. Sukarno Hatta - Jl. Kaharuddin Nasution - Pasir Putih - Torganda PP
Trayek 5 : Terminal Brps – Kulim
Terminal BRPS - Jl. T. Tambusai Ujung - Jl. SM. Amin - Jl. Riau - Jl. Jend. A. Yani - Jl. Ir. Juanda - Jl. Jend. Sudirman - Jl. Kuantan - Jl. Mustika
Trayek 6a :
Torganda Pasir Putih - KH. Nasution - Baterai R - Sukarno Hatta - Pasar Pagi Arengka - Subrantas - SM. Amin - Terminal BRPS
Trayek 6b :
BRPS - Mall SKA - Arengka - Riau - Mall Ciputra - Panglima Udan - Senapelan - Pasar Wisata - A.Yani - Riau - BRPS (PP)
Trayek 7 :
Simpang KH. Nasution - Impres - Arifin Ahmad - Paus - memutar Global Bangunan - T. Tambusai - Paus

Perkembangan transportasi memang membawa dampak yang baik bagi kehidupan. Masyarakat bisa dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa menyita banyak waktu.

Namun yang harus diantisipasi, adalah dampak negatif yang bisa kapan saja terjadi. Seringga transportasi umum menjadi pilihan yang baik dibanding kendaraan pribadi. Mari gunakan Trans Metro Pekanbaru, agar jalanan tanpa kemacetan tidak hanya sekeder menjadi harapan yang semu. (AJE)


You Might Also Like

0 komentar